Resep Ayam Rica-Rica

Resep Ayam Bumbu RicaRicaResep Ayam Bumbu RicaRica
Resep Ayam Bumbu RicaRica from dimasrayiastriyanto.blogspot.com

Asal Usul Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica adalah hidangan asli dari Sulawesi Utara yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan cocok untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman. Ayam rica-rica berasal dari kata “rica” yang berarti pedas dalam bahasa Manado.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam rica-rica: – 1 ekor ayam potong 12 bagian – 2 buah jeruk nipis – 3 sendok makan minyak goreng – 2 batang serai, memarkan – 5 lembar daun jeruk – 3 lembar daun salam – 2 buah tomat, potong-potong – 3 sendok makan saus tomat – 2 sendok makan saus cabai – 2 sendok makan saus tiram – 1 sendok makan gula merah – 1 sendok teh garam – 500 ml air

Cara Memasak Ayam Rica-Rica

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam rica-rica: 1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. 2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. 3. Masukkan ayam dan aduk rata hingga ayam berubah warna. 4. Tambahkan tomat, saus tomat, saus cabai, saus tiram, gula merah, dan garam. Aduk rata. 5. Tuang air dan masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap. 6. Angkat dan sajikan dengan nasi putih.

Informasi Nutrisi Ayam Rica-Rica

Berikut adalah informasi nutrisi dalam satu porsi ayam rica-rica (200 gram): – Kalori: 240 kalori – Protein: 24 gram – Lemak: 14 gram – Karbohidrat: 5 gram – Serat: 2 gram – Kolesterol: 80 mg – Natrium: 350 mg

Cara Memodifikasi Resep Ayam Rica-Rica

Jika Anda tidak suka pedas, Anda dapat mengurangi jumlah saus cabai dalam resep ini. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti wortel, kentang, atau kacang polong untuk menambahkan nutrisi dalam hidangan ini. Selain itu, Anda dapat menggunakan daging ayam tanpa kulit untuk mengurangi jumlah lemak dalam hidangan ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Ayam Katsu

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *