Sirloin Vs Tenderloin: Perbedaan Dan Resep

Sirloin Vs. Tenderloin BBQ Showdown Fiery FlavorsSirloin Vs. Tenderloin BBQ Showdown Fiery Flavors
Sirloin Vs. Tenderloin BBQ Showdown Fiery Flavors from www.fieryflavors.com

Perbedaan

Mungkin Anda sering mendengar tentang sirloin dan tenderloin ketika memesan steak di restoran. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Sirloin dan tenderloin adalah potongan daging sapi yang berasal dari bagian punggung sapi. Sirloin terletak di bagian atas tulang belakang, dan tenderloin terletak di bagian bawah tulang belakang. Perbedaan utama antara kedua potongan daging ini adalah teksturnya. Sirloin memiliki sedikit lemak dan lebih kasar, sedangkan tenderloin sangat empuk dengan sedikit lemak. Karena itu, tenderloin lebih mahal daripada sirloin.

Resep Sirloin Steak

Jika Anda ingin membuat steak sirloin di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda coba: Bahan: – 2 potong sirloin steak (masing-masing sekitar 200 gram) – 2 sendok makan minyak zaitun – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica hitam – 2 siung bawang putih, cincang halus Cara Membuat: 1. Panaskan minyak zaitun di atas wajan. 2. Marinasi sirloin steak dengan garam, merica hitam, dan bawang putih selama 30 menit. 3. Panggang sirloin steak di atas wajan yang sudah dipanaskan dengan api sedang selama 4-5 menit setiap sisi. 4. Angkat dan biarkan steak beristirahat selama 5-10 menit sebelum dihidangkan.

Informasi Nutrisi

Setiap porsi sirloin steak (200 gram) mengandung sekitar 350 kalori, 46 gram protein, 0 gram karbohidrat, dan 17 gram lemak.

Resep Tenderloin Steak

Sekarang, mari kita coba membuat steak tenderloin yang lezat: Bahan: – 2 potong tenderloin steak (masing-masing sekitar 200 gram) – 2 sendok makan minyak zaitun – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica hitam – 2 siung bawang putih, cincang halus Cara Membuat: 1. Marinasi tenderloin steak dengan garam, merica hitam, dan bawang putih selama 30 menit. 2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan. 3. Panggang tenderloin steak di atas wajan yang sudah dipanaskan dengan api sedang selama 3-4 menit setiap sisi. 4. Angkat dan biarkan steak beristirahat selama 5-10 menit sebelum dihidangkan.

Baca Juga:  Belajar Memasak Untuk Pemula

Informasi Nutrisi

Setiap porsi tenderloin steak (200 gram) mengandung sekitar 330 kalori, 45 gram protein, 0 gram karbohidrat, dan 16 gram lemak.

Kesimpulan

Kedua potongan daging sapi ini memiliki kelebihan masing-masing. Sirloin lebih cocok untuk mereka yang menyukai tekstur yang sedikit lebih kasar, sementara tenderloin lebih cocok untuk mereka yang menyukai tekstur yang lembut dan empuk. Kedua jenis steak ini dapat disajikan dengan berbagai macam saus dan sampingan yang lezat, seperti kentang panggang, sayuran panggang, dan saus jamur. Selamat mencoba!

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *