Apa Bahan Utama Pembuatan Tempe

cara dan teknik pembuatan tempe yang baik dan benar KASKUScara dan teknik pembuatan tempe yang baik dan benar KASKUS
cara dan teknik pembuatan tempe yang baik dan benar KASKUS from www.kaskus.co.id

Pendahuluan

Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan juga di negara lain. Proses pembuatannya cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Namun, untuk membuat tempe yang enak dan sehat, bahan-bahan yang digunakan harus benar-benar berkualitas.

Bahan-Bahan Utama

Bahan utama yang digunakan untuk membuat tempe adalah kedelai. Kedelai yang digunakan harus berkualitas baik dan tidak ada cacat. Selain itu, bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah ragi tempe dan air.

Kedelai

Kedelai adalah bahan utama dalam pembuatan tempe. Kedelai yang digunakan harus dalam kondisi kering dan bersih. Kedelai yang dipilih harus berkualitas baik dan tidak ada cacat. Kedelai juga harus direndam dalam air selama 8-12 jam sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses fermentasi.

Ragi Tempe

Ragi tempe adalah bahan yang sangat penting dalam pembuatan tempe. Ragi tempe dapat dibeli di toko bahan makanan atau di pasar. Ragi tempe yang digunakan harus berkualitas baik dan segar. Ragi tempe juga harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering agar tidak mudah rusak.

Air

Air juga merupakan bahan yang penting dalam pembuatan tempe. Air yang digunakan harus bersih dan tidak mengandung kotoran atau bahan kimia. Air yang digunakan untuk merendam kedelai harus diganti setiap 4 jam sekali.

Cara Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan tempe: 1. Rendam kedelai dalam air selama 8-12 jam. 2. Setelah direndam, tiriskan kedelai dan cuci bersih. 3. Kukus kedelai yang sudah dicuci bersih selama 30-40 menit. 4. Setelah selesai dikukus, dinginkan kedelai hingga suhu ruang. 5. Campurkan ragi tempe ke dalam kedelai yang sudah dingin. 6. Aduk rata kedelai dan ragi tempe. 7. Ambil selembar daun pisang atau plastik sebagai wadah, letakkan campuran kedelai dan ragi tempe di atasnya. 8. Tutup wadah dengan daun pisang atau plastik dan biarkan selama 24-48 jam hingga proses fermentasi selesai. 9. Setelah proses fermentasi selesai, tempe siap untuk diolah.

Baca Juga:  Cara Membuat Ikan Nila Bakar Yang Lezat

Nilai Gizi

Tempe mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap 100 gram tempe mengandung 193 kalori, 18,5 gram protein, 9,3 gram lemak, 9,6 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 0,3 miligram vitamin B1, 0,1 miligram vitamin B2, 2,5 miligram vitamin B3, dan 0,4 miligram vitamin B6.

Kesimpulan

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan tempe adalah kedelai. Kedelai yang digunakan harus berkualitas baik dan tidak cacat. Selain kedelai, bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah ragi tempe dan air. Proses pembuatan tempe cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Tempe juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *