Cara Bikin Dimsum Ayam

Cara membuat Siomay Dim Sum isi Jamur Shiitake, Ayam dan Udang YouTubeCara membuat Siomay Dim Sum isi Jamur Shiitake, Ayam dan Udang YouTube
Cara membuat Siomay Dim Sum isi Jamur Shiitake, Ayam dan Udang YouTube from www.youtube.com

Dimsum Ayam: Resep, Cara Membuat, dan Nutrisi

1. Apa itu Dimsum Ayam?

Dimsum Ayam adalah hidangan khas Cina yang terdiri dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging ayam cincang dan bahan-bahan lainnya. Dimsum Ayam biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau hidangan pembuka dalam hidangan Cina.

2. Apa Bahan yang Diperlukan?

– 250 gram tepung terigu protein tinggi – 125 ml air – 200 gram daging ayam cincang – 1 buah wortel, dipotong dadu kecil – 1 batang daun bawang, diiris tipis – 1 sendok teh kecap asin – 1 sendok teh minyak wijen – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica bubuk

3. Cara Membuat Dimsum Ayam

1. Campurkan tepung terigu dengan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. 2. Diamkan adonan selama 30 menit. 3. Campurkan daging ayam cincang, wortel, daun bawang, kecap asin, minyak wijen, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata. 4. Ambil sejumput adonan tepung terigu dan pipihkan dengan tangan. 5. Letakkan sejumput adonan isi di atas adonan tepung terigu yang sudah dipipihkan. 6. Lipat adonan tepung terigu menjadi segitiga dan rapatkan. 7. Ulangi langkah 4-6 hingga adonan tepung terigu dan adonan isi habis. 8. Siapkan kukusan dan kukus Dimsum Ayam selama 15-20 menit hingga matang. 9. Sajikan Dimsum Ayam dengan saus cuka atau saus cabai.

4. Nutrisi dalam Dimsum Ayam

– Kalori: 263 kalori – Protein: 20 gram – Lemak: 9 gram – Karbohidrat: 24 gram – Serat: 1 gram – Kolesterol: 53 miligram – Sodium: 781 miligram

5. Tips Membuat Dimsum Ayam

– Pastikan adonan tepung terigu sudah kalis agar lebih mudah diolah. – Pastikan adonan isi tidak terlalu banyak agar tidak sulit untuk dilipat. – Pastikan kukusan sudah dipanaskan sebelum Dimsum Ayam diletakkan di atasnya. – Dimsum Ayam dapat disajikan dengan saus cuka atau saus cabai sesuai selera.

Baca Juga:  Resep Perkedel Kentang Goreng: Lezat Dan Mudah Dibuat

6. Variasi Dimsum Ayam

– Dimsum Ayam Jamur: Tambahkan jamur yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam adonan isi. – Dimsum Ayam Udang: Tambahkan udang yang sudah dicincang ke dalam adonan isi. – Dimsum Ayam Sayuran: Tambahkan sayuran seperti sawi atau kubis yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam adonan isi.

7. Dimsum Ayam vs Dimsum Lainnya

Terdapat berbagai jenis Dimsum selain Dimsum Ayam, seperti Dimsum Udang, Dimsum Sapi, dan Dimsum Sayuran. Setiap jenis Dimsum memiliki bahan dan rasa yang berbeda-beda.

8. Sejarah Dimsum

Dimsum berasal dari Guangdong, Cina, dan telah ada sejak Dinasti Tang (618-907 M). Dimsum pertama kali disajikan sebagai makanan ringan dan minuman teh di restoran-restoran kecil.

9. Dimsum di Indonesia

Dimsum telah menjadi hidangan populer di Indonesia dan dapat ditemukan di restoran-restoran Cina di seluruh Indonesia. Dimsum juga dapat dibeli dalam kemasan beku di pasar-pasar tradisional.

10. Kesimpulan

Dimsum Ayam adalah hidangan khas Cina yang terdiri dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging ayam cincang dan bahan-bahan lainnya. Dimsum Ayam sangat mudah dibuat dan dapat disajikan sebagai makanan ringan atau hidangan pembuka dalam hidangan Cina. Dimsum Ayam juga memiliki nutrisi yang baik dan dapat dimodifikasi sesuai selera.

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *