Cara Membuat Pastel Yang Lezat Dan Gurih

6 Cara membuat pastel kering dan basah, enak & mudah dibu6 Cara membuat pastel kering dan basah, enak & mudah dibu
6 Cara membuat pastel kering dan basah, enak & mudah dibu from brilicious.brilio.net

Introduction

Pastel merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Makanan ini biasanya dijual di warung-warung atau pasar malam. Pastel terbuat dari kulit pastel berisi berbagai jenis isian seperti kentang, wortel, dan daging. Pastel sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau lauk makan siang. Jika Anda ingin mencoba membuat pastel di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan

– 300 gram tepung terigu protein sedang – 1 sendok teh garam – 1 sendok makan kaldu ayam bubuk – 2 sendok makan minyak sayur – 150 ml air dingin – Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng Untuk isian: – 250 gram daging sapi, potong dadu kecil – 2 buah kentang, potong dadu kecil – 2 buah wortel, potong dadu kecil – 1 batang daun bawang, iris halus – 2 siung bawang putih, cincang halus – 2 sendok makan minyak sayur – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica bubuk – 1/2 sendok teh pala bubuk – 100 ml air

Cara Membuat Kulit Pastel

1. Campurkan tepung terigu, garam, dan kaldu ayam bubuk dalam wadah besar. Aduk rata. 2. Tambahkan minyak sayur dan air dingin sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. 3. Istirahatkan adonan selama 15 menit. 4. Ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan rolling pin hingga tipis. 5. Letakkan isian di atas kulit pastel yang sudah dipipihkan. 6. Lipat kulit pastel hingga menutupi isian, kemudian tekan dengan garpu atau jari untuk merekatkan. 7. Goreng kulit pastel dalam minyak panas hingga kecokelatan.

Cara Membuat Isian

1. Panaskan minyak sayur dalam wajan. 2. Tumis bawang putih hingga harum. 3. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna. 4. Tambahkan kentang, wortel, daun bawang, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk rata. 5. Tuangkan air, aduk hingga semua bahan matang dan kuah mengental.

Baca Juga:  Cara Membuat Onde-Onde

Informasi Nutrisi

Serving size: 1 buah pastel Jumlah per serving: – Kalori: 250 – Lemak: 10g – Karbohidrat: 30g – Protein: 10g Pastel mengandung banyak kalori dan lemak, tetapi juga kaya akan protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, pastel dapat dijadikan sebagai camilan atau lauk makan siang yang mengenyangkan. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Kesimpulan

Membuat pastel di rumah sebenarnya sangat mudah dan menyenangkan. Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain ke dalam isian pastel seperti telur, jamur, atau keju sesuai dengan selera. Pastel juga dapat disimpan dalam freezer dan digoreng kembali saat akan dihidangkan. Selamat mencoba membuat pastel di rumah dan semoga berhasil!

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *