Resep Nasi Kebuli Ayam

13 Resep Nasi Kebuli yang Bisa Anda Coba Dirumah
13 Resep Nasi Kebuli yang Bisa Anda Coba Dirumah from made-blog.com

Intro

Nasi kebuli adalah salah satu makanan khas Timur Tengah yang terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan rempah-rempah dan bumbu khas Timur Tengah seperti jinten, kayu manis, dan kardemom. Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan daging kambing atau sapi, namun kali ini kita akan membuatnya dengan ayam.

Bahan-bahan

– 500 gram beras basmati – 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian – 2 liter air – 2 sendok makan minyak goreng – 2 lembar daun salam – 2 batang serai, memarkan – 2 sendok teh jinten – 2 sendok teh bubuk kayu manis – 1 sendok teh bubuk kardemom – 1 sendok teh bubuk kunyit – 1 sendok teh bubuk ketumbar – 3 sendok makan kecap manis – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh merica bubuk – 50 gram kismis – 50 gram almond, sangrai

Cara Membuat

1. Cuci beras hingga bersih, kemudian rendam dalam air selama 30 menit. 2. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, kemudian tumis daun salam dan serai hingga harum. 3. Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. 4. Tambahkan jinten, kayu manis, kardemom, kunyit, dan ketumbar. Aduk hingga bumbu merata. 5. Tuangkan air ke dalam wajan, masukkan kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga bumbu meresap ke dalam ayam. 6. Masak ayam hingga matang, kemudian angkat dan sisihkan. 7. Ambil 1 liter air rebusan ayam, masukkan beras dan kismis. Aduk rata. 8. Masukkan ayam yang sudah dimasak tadi ke dalam wajan berisi beras, ratakan. 9. Tutup wajan, masak nasi kebuli hingga matang selama sekitar 30 menit. 10. Setelah matang, taburkan almond sangrai di atas nasi kebuli.

Baca Juga:  Resep Konro Bakar

Informasi Nutrisi

Nasi kebuli ayam ini mengandung karbohidrat dari beras dan protein dari ayam. Selain itu, kismis dan almond yang digunakan sebagai topping juga mengandung serat dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kecap manis dalam jumlah besar dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *