Resep Nasi Kucing

3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa
3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa from zonamakan.blogspot.com

Pendahuluan

Makanan kucing, seringkali menjadi inspirasi bagi kita untuk membuat sebuah hidangan yang unik dan menarik. Salah satu hidangan yang cukup populer adalah nasi kucing. Nasi kucing adalah sebuah hidangan yang berasal dari Jogjakarta, Indonesia. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian diisi dengan berbagai macam lauk yang kecil-kecil. Nasi kucing ini cukup populer di Jogjakarta, dan seringkali dijadikan sebagai hidangan ringan atau camilan.

Bahan-Bahan

Untuk membuat nasi kucing, Anda akan memerlukan beberapa bahan berikut: – 1 cup beras glutinous – Daun pisang secukupnya – 2 buah cabai merah, iris tipis – 2 buah cabai hijau, iris tipis – 1 buah tomat, iris tipis – 2 siung bawang putih, cincang halus – 1 batang serai, memarkan – 2 lembar daun salam – 1 sendok teh garam – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat nasi kucing: 1. Pertama-tama, cuci bersih beras glutinous dan rendam dalam air selama 30 menit. 2. Setelah itu, tiriskan beras dan kukus selama 15-20 menit hingga matang. 3. Angkat beras dan biarkan dingin. 4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang putih, serai, dan daun salam hingga harum. 5. Masukkan cabai merah dan hijau, serta tomat, dan aduk rata. 6. Tambahkan garam dan aduk rata. 7. Masukkan beras yang telah matang, dan aduk hingga rata. 8. Siapkan daun pisang, kemudian ambil selembar daun dan letakkan di atas meja. 9. Ambil satu sendok nasi, kemudian letakkan di tengah daun pisang. 10. Tambahkan satu sendok lauk, kemudian bungkus daun pisang dan ikat dengan seutas tusuk gigi. 11. Ulangi langkah 9-10 hingga nasi dan lauk habis. 12. Nasi kucing siap disajikan.

Baca Juga:  Cara Membuat Nasi Tumpeng

Nutrisi

Nasi kucing mengandung karbohidrat dari beras glutinous, protein dari lauk, dan vitamin dari cabai dan tomat. Meskipun tidak terlalu banyak, nasi kucing juga mengandung lemak dari minyak goreng. Oleh karena itu, nasi kucing sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Kesimpulan

Nasi kucing merupakan hidangan yang unik dan menarik, terutama bagi pecinta kucing. Hidangan ini cukup mudah dan cepat dibuat, dan dapat diisi dengan berbagai macam lauk kecil. Namun, karena mengandung lemak dari minyak goreng, nasi kucing sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *