Bahan-Bahan Membuat Tempe

Laporan Pembuatan TempeLaporan Pembuatan Tempe
Laporan Pembuatan Tempe from belajarbersama60.blogspot.com

Pendahuluan

Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan juga di negara-negara lain. Tempe juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe adalah:

  • Kedelai
  • Ragi tempe

Kedelai

Kedelai adalah bahan utama dalam pembuatan tempe. Kedelai yang digunakan harus segar dan bersih. Pilih kedelai yang tidak cacat atau rusak. Kedelai yang sudah kadaluarsa atau sudah terkontaminasi dengan jamur tidak boleh digunakan.

Ragi Tempe

Ragi tempe adalah ragi yang digunakan untuk mengolah kedelai menjadi tempe. Ragi ini biasanya berupa kapang Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae. Ragi tempe dapat dibeli di pasar atau toko bahan makanan.

Instruksi

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tempe:

1. Persiapan Kedelai

Ambil kedelai segar yang sudah dicuci bersih. Rendam kedelai dalam air selama 8-12 jam. Angkat kedelai dan tiriskan.

2. Pengolahan Kedelai

Setelah kedelai direndam, tiriskan air dan masukkan kedelai ke dalam wadah yang bersih. Haluskan kedelai dengan menggunakan blender atau mesin penggiling. Setelah itu, masukkan kedelai yang sudah halus ke dalam wadah dan tambahkan ragi tempe secukupnya.

3. Fermentasi Tempe

Setelah kedelai dan ragi tempe dicampur, aduk rata dan tutup wadah dengan kain bersih. Biarkan wadah berisi campuran kedelai dan ragi tempe di tempat yang bersuhu sekitar 30°C selama 24-48 jam. Setelah 24-48 jam, tempe siap untuk dipanen.

Nutrisi

Tempe mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa nutrisi yang terdapat dalam tempe:

1. Protein

Tempe mengandung protein yang baik bagi tubuh. Protein dalam tempe mudah dicerna dan berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Boba

2. Serat

Serat dalam tempe membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan.

3. Vitamin dan Mineral

Tempe mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi.

4. Antioksidan

Tempe mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Antioksidan dalam tempe membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Kesimpulan

Membuat tempe adalah salah satu cara untuk memperoleh makanan yang sehat dan bergizi. Kedelai dan ragi tempe adalah bahan-bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan tempe. Tempe mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita seperti protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat tempe di rumah dan menikmati makanan yang sehat dan bergizi.

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *