Cara Masak Ikan Patin: Resep Praktis Dan Lezat

Resepi Ikan Patin Masak Tempoyak Versi Ringkas & Enak. Serius SenangResepi Ikan Patin Masak Tempoyak Versi Ringkas & Enak. Serius Senang
Resepi Ikan Patin Masak Tempoyak Versi Ringkas & Enak. Serius Senang from malaysiajournal.com

Pendahuluan

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering dijadikan bahan untuk masakan di Indonesia. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan empuk, sehingga cocok untuk diolah dengan berbagai macam resep. Salah satu resep yang paling populer adalah ikan patin goreng. Namun, kali ini kita akan membahas cara masak ikan patin dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara dipepes.

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan: – 1 ekor ikan patin ukuran sedang – 2 buah tomat, potong-potong – 1 buah bawang bombay, iris tipis – 3 siung bawang putih, cincang halus – 3 cm jahe, parut – 2 lembar daun salam – 2 lembar daun jeruk – 1 batang serai, memarkan – 2 buah cabai merah, iris serong – 1 sdt garam – 1/2 sdt merica – 1 sdt gula pasir – 200 ml air

Langkah-langkah

Setelah semua bahan disiapkan, selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini: 1. Cuci bersih ikan patin, lalu lumuri dengan sedikit garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. 2. Siapkan wajan atau panci, lalu panaskan minyak di atas api sedang. 3. Tumis bawang putih, jahe, daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum. 4. Masukkan bawang bombay dan cabai merah, tumis hingga layu. 5. Tambahkan potongan tomat dan aduk rata. 6. Masukkan ikan patin yang sudah dibumbui, aduk hingga rata dengan bumbu. 7. Tuang air dan masukkan gula, garam, dan merica. Aduk rata. 8. Tutup wajan atau panci, masak dengan api kecil hingga ikan matang dan bumbu meresap. 9. Angkat dan sajikan di atas piring saji.

Baca Juga:  Cara Masak Nasi Goreng Sederhana

Informasi Nutrisi

Selain enak, ikan patin juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram ikan patin: – Kalori: 97 – Protein: 19,1 gram – Lemak: 1,9 gram – Karbohidrat: 0 gram – Kalsium: 10 mg – Fosfor: 240 mg – Zat Besi: 0,7 mg – Vitamin A: 4 IU – Vitamin B1: 0,1 mg – Vitamin C: 2,3 mg Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Kesimpulan

Itulah resep praktis dan lezat untuk mengolah ikan patin. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat masakan yang lezat dan bergizi untuk keluarga. Selamat mencoba!

Share ke teman-teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *